Bagaimana Cara Menemukan Ide Pokok dari Suatu Paragraf

ikigaisagashi – Salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh semua anak sekolah adalah mampu memahami suatu bacaan dengan baik. Dengan memakai suatu bacaan, mereka akan tahu bagaimana cara menentukan ide pokok dengan mudah. Dari sana, pemahaman anak pada suatu tulisan atau bacaan panjang akan baik.

Sayangnya, banyak sekali anak sekolah yang tidak mampu memahami teks dengan sempurna. Padahal jika tahu cara yang cepat, mereka bisa mengetahui isi dan menjawab berbagai pertanyaan dengan sempurna. Berikut cara menemukan ide dasar atau pokok dari paragraf.

  1. Pastikan Membaca Semua Teks dengan Baik

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mencari ide pokok paragraf adalah membaca keseluruhan bacaan mulai awal hingga akhir. Anda tidak perlu terburu-buru untuk melakukannya. Cukup lakukan dengan santai dan coba pahami maksudnya. Pada bacaan pertama, Anda tidak perlu langsung mencari ide utama.

Ulangi sekali lagi untuk mengetahui lebih detail dan mulai mengetahui apa saja idenya. Dari awal sampai akhir, Anda akan menemukan kira-kira berapa ide yang nantinya akan dirangkum untuk memudahkan pemahaman.

  1. Tandai Kalimat-Kalimat yang Sekiranya Berbobot

Sembari membaca, Anda bisa menggunakan pensil untuk menandai kalimat mana saja yang sekiranya menarik dan paling menonjol. Tandai semuanya mulai dari paragraf awal sampai terakhir. Lakukan dua kali untuk memastikan apa yang sedang Anda tandai benar-benar menarik perhatian.

  1. Pahami Masing-Masing Paragraf

Pahami masing-masing kalimat menggunakan apa yang sudah Anda tandai. Kira-kira dengan hanya membaca kalimat itu dan menghilangkan yang lain, apakah sudah langsung memahaminya. Apabila sudah memahaminya, berarti kalimat itu memang ide utama atau pokok.

  1. Cek di Awal, Akhir, atau Awal dan Akhir Paragraf

Sebagai hint untuk memudahkan Anda dalam mencari kalimat-kalimat yang penting, ada baiknya untuk mengecek bagian awal, tengah, atau keduanya. Letak dari ide berada di sana. Setelah mengetahui ini, coba cek lagi paragraf yang sudah ditandai. Apakah letak kalimatnya di depan atau belakang? Kalau berada di tengah berarti salah.

Hapus lagi kalau menemukan ide di tengah. Selanjutnya baca lagi sebanyak satu atau dua kali untuk menentukan idenya. Jika sudah, persiapkan untuk membaca lagi dari awal.

  1. Ulangi Baca agar Lebih Paham

Pada proses terakhir ini, Anda akan melakukan verifikasi dengan hanya membaca kalimat yang sudah ditandai saja. Lakukan dari awal hingga terakhir. Selanjutnya baca semua dari awal sampai akhir. Bandingkan pemahaman saat membaca keseluruhan dan membaca sebagian. Kalau sama pahamnya, berarti sudah benar apa yang dilakukan.

Kalau ada sedikit perbedaan, coba lakukan pengecekan kembali. Bisa jadi, ada kalimat pokok yang tertukar.

Baca Juga : 5 cara agar anda menjadi lebih berotot

Mengetahui bagaimana cara menentukan ide pokok akan membantu siapa saja paham konteks bacaan. Bahkan, meski bukan bacaan dalam pelajaran, teknik di atas tetap bisa dilakukan sehingga kemungkinan salah tafsir akan rendah. Mari budayakan membaca dengan komprehensif untuk mencegah terjadinya salah paham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *