Kedutan Kelopak Mata Kiri Atas

ikigaisagashi.com – Kelopak mata atau bagian mata yang berkedut disebut dengan blepharospasm. Walaupun hal ini adalah hal yang biasa tetapi jika terjadi secara sering maka akan sangat mengganggu. Hal itu akan membuat tidak nyaman apalagi jika Anda sedang berada di tempat ramai, atau melakukan kegiatan. Kedutan kelopak mata kiri atas biasanya terjadi karena otot yang berkontraksi tanpa kita sadari.

 

Penyebab berkedutnya mata bisa bermacam-macam, misalnya karena kondisi tubuh yang terlalu lelah, kelebihan kadar stimulan misalnya dari obat-obatan dan kopi, mata kering dan lain sebagainya. Tapi jangan khawatir karena mata berkedut adalah hal yang biasa, dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun Anda juga bisa mengatasinya dengan beberapa pilihan cara yang tepat.

 

Cara Menghentikan Kedutan pada Mata

Banyak orang yang menghubungkan kedutan dengan sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Tapi sebenarnya tak ada rahasia kedutan mata kiri yang berkaitan dengan suatu peristiwa. Hal tersebut murni terjadi karena kondisi tubuh yang berdampak pada mata. Berikut ini cara membuat kedutan di mata berhenti:

1. Awali dengan Berkedip Secara Kuat

Tutup mata terlebih dulu secara rapat lalu buka selebar-lebarnya. Ulangi cara berkedip seperti ini sampai beberapa kali sampai mata berair. Namun jika mulai terasa nyeri di mata maka hentikan langkah ini. Atau jika kedutan semakin lama semakin menguat, maka Anda harus berhenti.

2. Beri Pijatan yang Tenang di Bagian Mata

Pakai jari tengah untuk memijat dengan lembut pada bagian kelopak mata dan pakai gerakan memutar. Pijat kelopak bawah mata selama 30 detik lamanya. Pastikan tangan dan wajah Anda dalam keadaan bersih, supaya tak ada iritasi/infeksi mata.

3. Berkedip Selama 30 Detik

Berusahalah untuk berkedip tapi dengan frekuensi yang pas. Kedipkan mata secara perlahan dan lembut seolah-olah bulu mata Anda adalah sayap dari kupu-kupu. Proses kedipan ini sangat penting bagi mata karena bisa membuat otot mata menjadi lebih tenang, dan membersihkan/melumasi bola mata. Dan untuk menghentikan kedut di mata.

4. Tutup Sebagian Kelopak

Kelopak bagian atas mata biasanya akan bergetar secara tak beraturan maka hentikanlah getaran itu denga menyipitkan mata, dan membuat penglihatan lebih tajam. Langkah ini juga berguna untuk menghilangkan kedut yang disebabkan oleh kelelahan.

5. Latihan Menutup Mata Rapat-rapat

Tutup saja mata selama kira-kira 1 menit, setelah itu rapatkan bagian kelopaknya dan lepaskan. Tapi tak usah membuka mata terlebih dulu, ulang langkah tersebut selama beberapa kali sampai kedutannya menghilang.

6. Lakukan Pijatan Akupresur

Pijat satu titik pada area mata lalu buat gerakan memutar-mutar selama sekitar 5-10 menit, sebelum Anda mulai memijat area dan titik lainnya.

Baca Juga : Obat Tetes untuk Mengatasi Masalah pada Telinga

Beberapa langkah yang telah diuraikan di atas bisa dicoba saat Anda mengalami kedutan berulang di area mata. Pastikan Anda sudah mengikuti caranya dengan tepat agar kedutan bisa segera menghilang.